Berkunjung ke Museum Sheikh Faisal bin Qassim Al-Thani

Kemarin kami sekeluarga berkunjung ke museum Sheikh Faisal bin Qassim Al-Thani yang berlokasi sekitar 30 menit dari Doha. Ini adalah salah satu dari beberapa museum yang ada di Qatar yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Uang masuknya QR 30 per orang dewasa, QR 15 untuk anak-anak berusia hingga 15 tahun, dan bebas biaya masuk untuk anak-anak di bawah usia 8 tahun.

Sheikh Faisal adalah seorang pengusaha sekaligus kolektor benda-benda seni dan bersejarah. Museum ini menampilkan berbagai macam koleksi pribadinya yang beliau kumpulkan dari berbagai negara selama lebih dari 55 tahun, termasuk di dalamnya adalah artefak, lukisan, kendaraan, mata uang, karpet/permadani, senjata, kapal, dan masih banyak lagi yang lain. 

Secara khusus, Sheikh Faisal memang memiliki ketertarikan dan misi khusus untuk melestarikan peninggalan budaya Islam dan Qatar. Ini bisa terlihat dari banyaknya benda-benda bersejarah yang bisa membawa para pengunjung museum ke masa lalu. 

Ukuran museumnya cukup luas, sehingga idealnya memang paling tidak dibutuhkan waktu 2 jam untuk berkeliling museum dan menikmati koleksi-koleksi yang ada. Sayangnya, pihak museum tak menyediakan seorang guide untuk memandu pengunjung. Informasi yang disediakan pun tak banyak dan kalaupun ada, kebanyakan ditulis dalam tulisan Arab. Akibatnya kita lebih sering berjalan sambil lalu saja, tanpa mempelajari lebih dalam lagi cerita di balik setiap koleksi tersebut. 

Anak-anak juga terlihat cepat bosan sehingga belum sejam kita pun memutuskan untuk pergi ke kafe museum. Beberapa teman yang juga datang bersama keluarga akhirnya juga datang ke kafe dan mengobrol di sana untuk beberapa lama. 


Overall, sebenarnya museum ini sangat cukup menarik untuk dikunjungi. Koleksinya sangat banyak dan luar biasa nilai sejarahnya. Agak susah dibayangkan kalau semua ini adalah koleksi pribadi seseorang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s