Lulus Sertifikasi Menyelam Open Water

Pertama, saya mau mengakui bahwa saya tidak bisa berenang. Ya kalau sekedar mengapung dan berenang ala kadarnya sambil main air saya masih bisa. Tapi kalau saya disuruh berenang bolak-balik dengan gaya yang proper, dijamin saya pasti gagal.

Lalu kenapa saya nekad ikut kursus diving? Alasan utamanya ya karena saya memang ingin bisa menyelam dan bisa berlibur dan menikmati tempat-tempat penyelaman terkenal yang banyak terdapat di Indonesia. Waktu instruktur selam saya ditanya, apakah saya harus bisa berenang. Beliau menjawab, tidak harus. Ya sudah, saya lantas mendaftarkan diri untuk mengambil sertifikasi selam yang nama resminya adalah Open Water Diving Course.

Kursus ini adalah kursus dasar menyelam dengan alat bantu pernafasan atau SCUBA. Setelah lulus dari kursus ini, maka peserta kursus akan mendapatkan surat ijin atau license untuk menyelam hingga kedalaman 18 meter di bawah permukaan laut.

Kursusnya sendiri terbagi atas 3 bagian: teori, praktek di kolam dan praktek di laut (open water). Untuk kelas praktek di laut lepas, ada 4 kali dive yang harus dilalui. Dalam setiap dive tersebut, ada beberapa set tindakan yang harus dikerjakan oleh setiap peserta, misalnya bagaimana jika dalam keadaan darurat kita harus kembali ke permukaan air dengan selamat, atau bagaimana jika alat bantu pernafasan mengalami masalah dan kita harus berkomunikasi dengan rekan selam (buddy) untuk menggunakan alat pernafasannya. Peserta dinyatakan lulus oleh instruktur selam jika sukses melewati semua dive tersebut dan berhak mendapatkan license Open Water Diving.

 

Bagi saya pribadi, tentu ini merupakan pencapaian yang lumayan membanggakan mengingat bagaimana saya harus melawan rasa takut karena harus berada di dalam air dalam waktu yang cukup lama (karena saya tak biasa dan tak mahir berenang) dalam kondisi di mana saya harus bernafas melalui mulut. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s