Menyelesaikan 10K Pertama di Doha College Run

Alhamdulillah pagi ini saya berhasil menyelesaikan lari 10 kilometer dalam event lari Doha College Run di Aspire Park, Doha. Ini adalah lari 10 kilometer pertama yang pernah saya lakukan. Iya, walaupun saya sudah sering lari sebelumnya, tapi jarak maksimal yang pernah saya lalui adalah 9.5 kilometer saja. 🙂

Event ini terbagi dalam 2 kategori: 5K dan 10K. Untuk yang 10K, peserta sudah harus bersiap di garis start sebelum pukul 7. Pesertanya lumayan banyak, mungkin sekitar 200-an orang. Untuk menyelesaikan 10 kilometer, setiap peserta mesti menyelesaikan 4 putaran (lap) yang masing-masing berjarak 2.5 kilometer.

Pada saat lap pertama, saya merasa pace saya terlalu cepat sehingga nafas terasa terlalu ngos-ngosan. Mungkin karena tanpa sadar saya ingin mengimbangi kecepatan para peserta lain sehingga saya berlari lebih cepat dari yang sudah saya targetkan. Akhirnya setelah memasuki lap kedua, saya mulai mengurangi pace dan berusaha mengatur nafas lagi.

Alhamdulillah setelah itu, hingga menjelang memasuki garis finish, saya bisa menguasai tempo lari dan nafas. Pada satu kilometer terakhir, saya mulai sedikit meningkatkan pace kembali dan akhirnya saya bisa menyentuh garis finish dengan catatan waktu 1 jam 4 menit.

15036227_10154712502713377_7118036799555927150_n

Sungguh pengalaman yang menyenangkan. Kalau ada kegiatan serupa, saya pasti akan ikut lagi. Mumpung cuaca di Doha sedang enak-enaknya. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s